-->

logo

MENU

5 Palung Terdalam di Dunia Yang Masih Banyak Menyimpan Misteri

5 Palung Terdalam di Dunia Yang Masih Banyak Menyimpan Misteri

Sempatkah terlintas di pikiranmu buat menyambangi titik terdalam dari bumi? Alih- alih di daratan, kalian malah dapat mendapatkan titik terdalam bumi terletak di tengah lautan.



Wilayah tersebut dijuluki sebagai palung. Berikut ini 5 palung terdalam di dunia.

1. Palung Mariana

Menempati urutan awal merupakan Palung Mariana yang terletak di kawasan Samudera Pasifik. Palung ini memiki kedalaman sampai 10, 91 km. Palung ini berupa bulan sabit yang ada di antara Jepang, Filipina, serta bagian timur Indonesia.

Temperatur di dalam palung dapat mendekati titik beku. Tetapi, di bagian dasar palung ada lubang hidrotermal yang menghasilkan zat bersuhu sampai 300 derajat Celcius. Sebagai salah satu bagian bumi yang sangat susah dijamah, Palung Mariana masih menaruh banyak teka- teki sampai saat ini.

2. Palung Tonga

Masih di Samudera Pasifik, kita bakal menemui palung terdalam di dunia no 2. Palung ini bernama Palung Tonga. Dinamakan demikian sebab terletak di dekat Negeri Tonga yang ialah bagian dari persemakmuran Inggris. Kedalaman Palung Tonga mencapai 10, 88 km di dasar permukaan laut.

3. Palung Filipina

Palung dengan kedalaman mencapai 10, 54 km ini terletak di bagian timur Filipina. Titik terdalam palung ini terletak di Teluk Galathea. Palung ini sendiri menuju ke wilayah Pulau Maluku bagian utara, tepatnya di Halmahera.

4. Palung Kuril- Kamchatka

Palung terdalam di dunia selanjutnya masih terletak di Samudera Pasifik. Dengan kedalaman mencapai 10, 5 km, palung ini berada di Pulau Kuril serta pesisir Kamchatka di antara Jepang serta Rusia. Kegiatan pergerakan lempeng di wilayah palung ini kerap berdampak pada gempa bumi yang menyerang kedua negara.

5. Palung Kermadec

Terletak di daerah timur Australia, palung ini mempunyai kedalaman sampai 10, 04 km. Bersama dengan Palung Tonga, Palung Kermadec membentuk subduksi Kermadec- Tonga dengan panjang mencapai 2. 000 km. 

Riset yang dicoba pada 2012 di palung ini menampilkan terdapatnya spesies ampipoda raksasa di bagian terdalamnya. Tidak hanya itu, masih banyak spesies lain yang menarik buat dikaji lebih lanjut.

Artikel Lainnya