-->

logo

MENU

7 TPS Unik Yang Pernah Menarik Perhatian di perhelatan PILKADA Indonesia

7 TPS Unik Yang Pernah Menarik Perhatian di perhelatan PILKADA Indonesia

Pelaksanaan acara demokrasi memanglah senantiasa menarik buat diikuti, pada Pilkada 2020 ini diselenggarakan serentak di Indonesia pada Rabu( 9/ 12/ 2020). Pilkada 2020 terasa berbeda sebab wajib mematuhi protokol kesehatan. Perihal itu disebabkan keadaan pandemi Corona Covid- 19 yang masih berlangsung. 


Kilas balik di Pilkada tahun- tahun tadinya, senantiasa terdapat perihal menarik yang menyertainya. Semacam terdapat tempat pemungutan suara ataupun TPS yang terbuat seunik serta semenarik bisa jadi. TPS unik tersebut sukses mengundang perhatian publik sehingga banyak yang mengabadikannya serta memberitahukan ke media sosial. Berikut 7 TPS unik yang sempat memberi warnai perhelatan acara demokrasi di Indonesia. 

1. TPS Wayang, Sidoarjo 

Pilkada 2015 di Sidoarjo tidak kalah mencuri perhatian. Tepatnya di TPS 19, Aloha, Kota Sidoarjo, anggota KPPS kompak menggunakan kostum wayang disaat bertugas. Keunikan inilah yang membuat masyarakat semangat buat ke TPS.


2. TPS Koboi Di Surabaya. 

Petugas KPPS di TPS 11 Kelurahan Pulosari, Kecamatan Gunungsari, Kota Surabaya, Jawa Timur, disaat pilkada serentak Desember 2015 lalu, bergaya unik serta tampak gagah dengan tema ala koboi. Mereka berdandan memakai setelan lengkap, mulai topi, pakaian, sampai seluruh aksesoris koboi.


3. TPS Arja Cupak Gerantang di Bali. 

Dari 574 TPS di Badung, Bali situasi TPS 8 Banjar Blungbang sangat berbeda. Suasana adat serta budaya Bali sangat kental. Perihal tersebut bukan cuma karena para pemilih menggunakan baju adat madya, namun juga didukung KPPS yang menggunakan seragam Arja Cupak Gerantang disaat perhelatan pemilihan Bupati/ Wakil Bupati Badung periode 2016- 2020.


4. TPS Jazz di Malang 

Terdengar alunan musik jazz jawa di salah satu TPS yang terdapat di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang diselenggarakan di suatu kafe pada pilkada yang diselenggarakan Desember 2015 lalu. Nyatanya musik tersebut terencana diputar buat menaikkan suasana rileks serta membuat aman pemilih yang tiba. Tidak cuma itu, para petugas KPPS juga menggunakan baju adat Jawa, konsep serta desainnya pula bernuansa tradisional. 

foto: Youtube.com/ngalamnews

5. TPS Bis di Solo

Tema TPS yang unik juga ada di Kampung Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo 2015 Lalu. Keunikan TPS 7 Tegalmulyo ini memanglah sukses jadi perhatian sebab TPS bukan di rumah melainkan di dalam bis. Di dalam bis ini ada sebagian dinding pengisian suara bertulisan KPU. Tidak hanya itu, saat sebelum memilih para petugas memanggil pemilih dengan metode memukul gong.

(Antara News)

6. TPS Superhero di Bandung

 Pilkada 2018 di TPS 20, 21, 22 di RW 8 Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung sangat unik. Petugas KPPS memperkenalkan superhero semacam Iron Man, Batman, serta Kapten Amerika buat turut dan memeriahkan Pilkada. Para pemilih juga bersemangat tiba ke TPS buat difoto.


7. TPS bertema Piala Dunia di Surabaya

Disaat perhelatan Pilpres 2014 lalu, di TPS 45 di kelurahan Krembangan, Surabaya nampak semarak dengan atribut Piala Dunia 2010. Nyatanya perhelatan piala dunia memanglah digunakan buat jadi tema utama dalam menata tempat tersebut.

foto: cakrawalaunik.blogspot.co.id

Artikel Lainnya