-->

logo

MENU

5 Hoaxs Terkenal dan Membuat Heboh Sepanjang Masa

5 Hoaxs Terkenal dan Membuat Heboh Sepanjang Masa

Pada saat ini ini kita wajib bijak dalam menyaring data. Bila tidak, bisa- bisa data yang kita terima belum jelas kebenarannya alias hoaks. 

Tetapi nyatanya hoaks telah ada semenjak waktu dahulu. Nah, berikut ini 5 hoaks yang telah ada semenjak waktu dahulu.

1. Peri Cottingley.


Jauh saat sebelum terdapat gadget yang membolehkan mengedit gambar, nyatanya pada tahun 1912 terdapat 2 orang wanita cilik kreatif yang sanggup menghebohkan dunia pada waktu itu. Francis serta Elsie nama kedua wanita itu membuat gempar sebab difoto dengan sekumpulan peri. Tetapi sehabis 60 tahun lalu kesimpulannya mereka mengaku kalau peri- peri dalam gambar itu merupakan hasil karya dari potongan kertas yang dipasang memakai jepit rambut.


2. Video autopsi alien.


Tahun 1955 publik dunia marak dengan tersebarnya video yang menunjukkan prosedur autopsi jasad alien. Rekaman tersebut disebarkan oleh pengusaha Inggris, Ray Santili. Tetapi pada tahun 2006 Ray Santili mengaku video tersebut palsu serta hasil editan.

3. Cerita horor rumah Amityville.


Pencinta film horor tentu tidak asing dengan rumah Amityville. Rumah yang konon jadi TKP di mana Ronald De Feo jr menembak 6 anggota keluarganya. Tetapi pengacara Ronald bersama pengarang novel George Lutz setuju menghasilkan cerita horor supaya Ronald dapat dihukum ringan bila pembunuhan dicoba sebab aspek roh jahat.

4. Gambar monster Loch Ness.


Pada tahun 1934, koran DailyMail mempublikasikan gambar awal Monster Loch Ness yang diambil oleh Kolonel Robert Wilson. Sepanjang bertahun- tahun gambar itu jadi fakta keberadaan makhluk mitos tersebut. Tetapi pada tahun 1994, seseorang laki- laki bernama Christian Sparling mengaku membuat monster palsu memakai kapal selam mainan atas permintaan mertuanya, Marmaduke Wetherell.

5. Kiamat 2012.


Hoaks terbesar abad ini dengan beragam teori berkata kalau bumi hendak musnah pada tahun 2012. Hoaks ini sangat sukses sebab menjelang tahun 2012 banyak penulis menerbitkan novel yang berisi pembahasan tentang musibah yang bakal berlangsung pada tahun 2012. Apalagi film bertema 2012 tentang musibah yang maha dahsyat juga sukses di pasaran. Saat ini telah 8 tahun lalu serta hoaks tersebut tidak pernah berlangsung.

Hoaks juga telah terdapat serta sudah ada sejak dahulu. Bagaimanapun, yang namanya rekayasa ataupun kebohongan tentu cepat atau lambat akan terbongkar.

Artikel Lainnya