logo

MENU

Inilah 5 Presiden di Dunia Yang Memilih Hidup Sederhana Demi Rakyatnya

Inilah 5 Presiden di Dunia Yang Memilih Hidup Sederhana Demi Rakyatnya

Dalam pandangan orang Presiden adalah orang nomor satu di negaranya, atas alasan itu banyak orang menyimpulkan bahwa menjadi presiden itu Gajinya besar banyak tunjangan hidup serba mewah dan punya banyak harta.


Namun tidak untuk kelima presiden ini, mereka memilih hidup sederhana jauh dari kesan mewah dan malah rajin bersedekah berikut ini 5 presiden termiskin di dunia yang memiliki hidup sederhana.


1. Evo Morales - Bolivia


Evo Morales adalah presiden Bolivia yang terpilih pada tahun 2005 dan dilantik pada Januari tahun 2006, masa kecil Evo Morales dihabiskan di lingkungan keluarga yang sangat miskin.


Seperti Kebanyakan warga Bolivia yang lainnya dengan bekerja menggembalakan domba, ia sangat sederhana dan sering terlihat memakai pakaian seperti jaket kulit atau sweater dia juga mempunyai kebiasaan mengunyah daun koka seperti masyarakat di negaranya.


Setelah dia jadi presiden dia menggumumkan pemotongan setengah dari gajinya untuk meningkatkan jumlah guru dan dokter di Bolivia.

2. Jose Pepe Mujica - Uruguay


Jose Pepe Mujica adalah Presiden Uruguay yang terpilih pada tahun 2010 setelah terpilih menjadi presiden, dia memilih untuk tetap tinggal di rumah pribadinya yang sangat sederhana dan tanpa pelayan.


Dia pada awalnya adalah pemimpin perlawanan rakyat untuk melawan kediktatoran penguasa dia juga pernah dipenjara selama kurun waktu 15 tahun, demi rakyatnya dia rela menyumbangkan 90% dari gajinya selama menjadi presiden.


Untuk kendaraan pribadi dia hanya memakai Volkswagen Battle keluaran 1987 dan motor Vespa pada tahun 2010 kekayaan pribadinya tidak lebih dari Rp.18.000.000 saja.

3. Joyce Banda - Malawi


Tidak  lama setelah terpilih sebagai presiden wanita pertama Malawi, Joyce Banda menjual jet presiden dan 60 mobil Limousin Mercedes, laporan Huffpost  menyebut  Joyce Banda sengaja menjual aset negara itu untuk penghematan keuangan negaranya.


Dia tidak keberatan terbang dengan pesawat komersial kata dia, saya sudah terbiasa menumpang uang yang diperoleh dari penjualan pesawat tersebut untuk memberi makan lebih dari satu juta warga Malawi.

4. Mahmud Ahmadinejad  - Iran


Mahmud Ahmadinejad  merupakan presiden Iran periode Agustus 2005 sampai Agustus 2013 selama menjabat sebagai presiden dia hanya mendapat gaji 3000 dolar Amerika atau sekitar 35 jutaan per tahunnya.


Muhammad Ahmadinejad lebih memilih kekuasaan daripada uang dan harta dia merupakan seorang pemimpin yang lebih mementingkan rakyatnya,ketika dia terpilih dia mengumumkan jumlah hartanya yaitu sebuah rumah sederhana dengan luas 145 M2 dan sebuah kendaraan pribadi yaitu mobil tua.


Selama menjabat sebagai presiden dia tak pernah mau duduk di kursi VIP pesawat terbang dan kebiasaannya dia selalu membawa bekal roti yang dibuatkan istrinya dari rumah, beberapa foto yang beredar ia tengah tertidur pulas hanya beralaskan karpet biasa.

5. Fidel Castro - Kuba


Tokoh besar dalam revolusi Kuba 1959 Fidel Castro kerap diserang negara barat mengenai kepemilikan harta yang melimpah, dia disebut-sebut punya simpanan uang sebesar 900 juta dolar di luar Kuba.


Tetapi kenyataannya kecurigaan itu tak terbukti dia bahkan hanya digaji sebesar 900 peso kuba atau setara dengan Rp. 400.000 per bulannya, meski gaji yang diterimanya kecil Castro tak merasa khawatir salah satu kisah menyentuh yang dikenal publik ialah saat ia membuka pintu kantor presidennya untuk tempat tinggal korban banjir di Kuba.



Artikel Lainnya