-->

logo

MENU

Kenapa Mata Kiri-Kanan Bisa Beda Minusnya?Ini Jawabnya

Kenapa Mata Kiri-Kanan Bisa Beda Minusnya?Ini Jawabnya

Coba tutup sebelah mata kalian sekarang dan Terus sekarang tutup yang satunya lagi, Oke pertanyaannya Apakah penglihatan mata kalian terasa beda? kalau jawabannya enggak? selamat mata kalian bisa jadi normal-normal aja.

Tapi mungkin kita punya temen yang pakai kacamata dan ngeluh kalau minus dimata mereka beda jauh antara kanan dan kirinya, kenapa kira-kira ini bisa terjadi? Apakah itu bisa Kejadian karena keseringan ngintip pakai sebelah mata? Enggak bukan karena ngintip tapi ini bisa terjadi akibat ulah satu kondisi yang namanya Anisometropia sehingga hal ini tuh bisa terjadi.

Kalau kedua mata kita punya kekuatan otot atau ukuran bola mata yang berbeda yang kemudian bikin penglihatan kita pun ujung-ujungnya jadi nggak sama.

Nah makanya para ahli masih menyelidiki penyebab pastinya tapi jelas salah satunya itu karena faktor keturunan, makanya kondisi ini umumnya emang enggak berbahaya.

Oke kalau gitu gimana nyegah dan perbaikinya caranya adalah tentu saja dan gak yang lain adalah dengan pakai kacamata dengan lensa yang sesuai, makanya kita pasti sering lihat gambar cara kerja mata di buku sekolah ada cahaya masuk dipantulin lensa jatuh di titik fokus yang dibaca.

Sama sensor-sensor canggih di mata dan dikirim informasinya ke otak kita buat diolah jadi gambar, nah bayangin kalo ukuran mata sebelahnya enggak pas akhirnya pandangan tidur dan otot mata bakal maksa buat nyesuain posisinya sampai terjadi lah kondisi tadi.

Inilah Kenapa lensa kacamata yang tepat jadi penting banget karena bisa ngebenerin titik jatuh cahaya ke tempat yang seharusnya, Dan akhirnya bikin mata kiri atau kanan bisa hidup damai dan tentram.

Soal benerin penglihatan selain pakai kacamata atau lensa kontak kemampuan mata kita bisa dibenerin dengan cara Lasik atau operasi pake laser.

Singkatnya cara ini mata kita bakal dikupas lapisan tipis di bagian ini pakai pisau medis atau laser canggih terus bagian yang lebih terbuka jadi dibentuk sedemikian rupa pakai laser canggih lainnya biar Pas dengan ukuran mata tersebut.

Meski terdengar serem banget nyatanya proses ini biasanya berlangsung selama kurang dari 30 detik doang. Jadi sekarang kita tau kalo mata yang beda sebelah itu enggak boleh dibiarin aja penting selalu ingat untuk pakai lensa yang paling pas biar kita nggak pusing dan bisa sangat jelas melihat.

Artikel Lainnya