-->

logo

MENU

Bertambah Satu Kini Bumi Mempunyai Lima Lautan

Bertambah Satu Kini Bumi  Mempunyai Lima Lautan

Seperti diketahui bahwa Bumi dikenal mempunyai 4 lautan, yakni Samudra Atlantik, Pasifik, India, serta Arktik.


Namun Saat ini, lautan kelima sudah dikukuhkan dengan keputusan National Geographic Society, yang menambahkan Samudra Selatan di sekitar Antartika.

Walaupun perairan dingin di dekat daratan selatan tersebut sudah digunakan secara luas oleh para ilmuwan, hingga disaat ini belum menemukan dukungan terkenal.

Pada 8 Juni kemudian bersamaan dengan Hari Laut Sedunia, Society mengumumkan bakal memberi label Samudra Selatan selaku samudra kelima di peta Bumi.

Bagi Tait, salah satu akibat akumulasi terbanyak ini merupakan pembelajaran.
Ilustrasi Samudera Atlantik. [William Kedersha/Pixabay]

Para murid di sekolah mesti mulai diberi tahu kalau disaat ini Bumi secara formal mempunyai 5 lautan, bukan 4.

National Geographic mulai membuat peta pada 1915, namun Society secara resmi mengakui cuma 4 samudra, yang didefinisikan bersumber pada daratan berbatasan dengannya.

Tetapi, Samudra Selatan tidak didetetapkan oleh daratan yang mengelilinginya, namun oleh Arus Lingkar Antartika( ACC) yang mengalir dari barat ke timur.

Dikala ini, ACC mengalir lewat seluruh perairan yang mengelilingi Antartika sampai kurang lebih 60 derajat selatan, kecuali buat Selat Drake serta Laut Scotia.

Keduanya kira- kira terletak di antara Tanjung Horn Amerika Selatan serta Semenanjung Antartika.

Perairan ACC lebih dingin serta sedikit kurang asin daripada air laut di utara.


ACC menarik air dari Samudra Atlantik, Pasifik, serta India buat menolong menggerakkan" sabuk konveyor" global yang bawa panas ke segala planet.


Samudra Selatan pula sudah digunakan buat menggambarkan perairan di dasar dunia, semenjak pertama kali dilihat oleh penjelajah Spanyol Vasco Núñez de Balboa pada awal abad ke- 16.


Penyebutan itu bersinambung sebab lautan jadi rute vital untuk komunikasi serta perdagangan internasional pada abad- abad selanjutnya.

Samudra Selatan. [Britannica]

Pada abad ke- 19, banyak negeri maritim sudah membentuk otoritas" hidrografik" buat mempublikasikan data tentang lautan untuk angkatan laut serta kapal dagang.

Sebutan Samudra Selatan timbul dalam publikasi awal Organisasi Hidrografi Internasional( IHO) yang dibangun pada 1921.

Tetapi, menurut sumber dari buku Southern Ocean: Oceanographers Perspective, HO membatalkan penunjukan itu pada 1953.

Namun, para ilmuwan tidak sepakat serta sebutan tersebut terus menjadi kerap digunakan sebab berartinya serta keunikan Samudra Selatan yang terus menjadi jelas.

Di sisi lain, sebutan yang lebih tua semacam" 7 Laut" kerap timbul di tulisan- tulisan kuno Yunani, Romawi, Arab, Hindu, Persia, serta Cina.

Samudra Pasifik. (Pixabay/agape357)

Bagi web website World Atlas, 7 Lautan dikala ini dikira selaku 7 perairan samudra terbanyak, ialah Arktik, Atlantik Utara, Atlantik Selatan, India, Pasifik Utara, Pasifik Selatan, serta Selatan.

Artikel Lainnya