-->

logo

MENU

5 Letak Legenda Harta Karun Misterius

5 Letak Legenda Harta Karun Misterius

Legenda harta karun sampai saat ini masih jadi misteri, tidak menutup mungkin masih terdapat tempat yang menaruh rahasia tersebut. Cerita Legenda harta karun selalu menarik, Paling utama yang berhubungan dengan harta karun.


Yap! Harta karun memanglah enggak hanya terdapat di cerita saja, tetapi terdapat di dunia nyata.Harta karun ini telah tersembunyi bertahun- tahun, tetapi hingga saat ini belum ada yang berhasil menemukannya, Berikut 7 Letak Harta karun misterius di dunia.

1. Treasure of Lima, Peru


Di tahun 1820, di Lima( ibukota Peru) lagi terjalin perang revolusi. Buat berjaga- jaga, pemerintah kota Lima memutuskan utk memindahkan harta kekayaan kota tsb ke Mexico, biar aman. 

Harta barang tsb meliputi batu2 permata berharga, tempat2 parafin serta 2 buah arca Maria lagi menggendong Yesus seukuran manusia. Secara totalitas, harta senilai U$60 juta tsb dibagi atas 11 kapal serta dikomandani oleh Kapten William Thompson, yg menahkodai Kapal Mary Dear. Tetapi sayangnya pemerintah kota 5 tdk mengenali kalau William Thompson sejatinya merupakan mantan perompak. 

Thompson melarikan harta tsb ke Kepulauan Cocos, di lautan Hindia, kemudian menguburnya. Setelah itu komplotannya berpencar dan bersembunyi hingga kondisi dirasa aman utk mengambil kembali harta yg mrk kubur. Akan tetapi kapal Mary Dear akhirnya tertangkap. 

Seluruh anggota komplotan digantung atas tuduhan perompakan, kecuali William Thompson serta orang kepercayaannya. Kedua orang tersebut sepakat utk menunjukkan posisi penyembunyian harta tsb, tetapi saat orang lengah mereka melarikan diri ke hutan. 

Hingga sekrg harta karun tsb tdk sempat diketemukan lagi. Sejak itu telah lebih dari 300 ekspedisi pencarian diadakan, tetapi kandas. Akhir- akhir ini orang2 curiga kalau sebenarnya harta tsb tdk disembunyikan di Kepulauan Cocos, melainkan di suatu pulau tidak diketahui di Amerika Tengah.


2. Yamashita Treasure, Philipines


Merupakan harta yang dijarah oleh Jepang pada saat Perang Dunia II, Posisi ini terletak di suatu Teluk di Philipina, Banyak yang yakin bakal terdapat nya harta ditempat ini, tetapi karna medannya sudah berubah, harta ini semakin susah dicari.

3. VOC Treasure, Indonesia


Misteri harta karun VOC di Pulau Onrust konon katanya, jumlah harta ini bisa melunasi seluruh utang Indonesia. Pulau Onrust terletak di teluk Jakarta. 3 jam dari Muara Karang dengan memakai kapal motor.

Tempat ini jaman Belanda dahulu memanglah tempat yg sangat sibuk, tempat masuknya kapal sehabis menjajah dari kota 2 lain di Indonesia. Mitos harta karun VOC di pulau Onrust itu berawal dari sejarah yang masih dipertanyakan.

4. The Ark of The Convenant( Tabut Perjanjian), Jerusalem


Tabut perjanjian didalam Alkitab merupakan suatu wadah yang dibuat dari emas yang bertuliskan" 10 Perintah Tuhan" tidak hanya itu konon katanya tongkat Nabi Musa pula berada didalam kotak itu. foto ini cumalah suatu replika.

5. Pharaohs’ Missing Treasure, Egypt


Pada saat thn 1922 Howard Carter menemukan makan Tutankhamen di Lembah Para Raja( Valley of the Kings), Mesir, ia terpesona oleh kemegahan artefak2 yg terdpt di makam raja muda tsb. Di dekat makan tsb ada banyak sekali batu2 permata dan artefak2. 

Saking banyaknya, sampai2 Carter memerlukan waktu 10 tahun utk membuat katalognya. Tetapi, dikala penggalian makam2 Firaun yang lain di akhir abad ke 19 ditemui realitas kalau makam2 tsb dlm kondisi kosong. Nyaris seluruh orang sdh tahu kalau para perompak makam( utk mengatakan orang2 yg mencuri harta barang di dalam makam) sudah melaksanakan aksinya sepanjang berabad- abad yg lalu. 

Tetapi apabila mrk hingga menggasak habis harta para Fir- aun tsb, hingga hal itu sangat keterlaluan. Persoalan berikutnya: di manakah harta para Firaun tsb disembunyikan? Sebagian pakar yakin kalau harta tsb sesungguhnya sengaja diambil oleh para pendeta yg melaksanakan pemakaman atas dinasti Raja- Raja Mesir yg ke 20 serta ke 21( thn 425- 343 SM) di Lembah Para Raja. Salah satu petinggi masa itu yg bernama Herihor jadi contohnya. 

Herihor merupakan seseorang petugas mahkamah besar di jaman Ramses XI. Pada saat Ramses wafat, Herihor merebut kekuasaan setelah itu kerajaan tsb dipecah 2 dengan menantunya, Piankh. Herihor setelah itu menempatkan dirinya sbg penanggungjawab upacara pemakaman di Lembah Para Raja, shg ia memiliki banyak peluang utk merampok makam raja- raja terdahulu. 

Makam Herihor sendiri hingga sekrg tidak diketemukan. Tetapi, para pakar percaya kalau suatu ketika misteri hilangnya harta di makam para Firaun hendak terkuak bersamaan dengan waktu yg berjalan.

6. Montezuma’ s Treasure, Meksiko


Pembantaian atas suku Aztec di Mexico yg dilakukan oleh orang2 Spanyol jadi perhatian di tgl 1 Juli 1520. Setlh menewaskan Kaisar Montezuma, Hernando Cort serta pasukannya dikepung oleh para ksatria Aztec yg marah, di ibukota Tenochtitln. 

Sehabis pertempuran sengit sepanjang beberapa hari, Corts memerintahkan pasukannya utk mengumpulkan harta Montezuma yg sangat berharga kemudian membawanya kabur. Tetapi belum begitu jauh mrk melarikan diri, pasukan Aztec sukses mengejarnya dan membantai pasukan Spanyol di danau Tezcuco. 

Sisa pasukan yg tersisa lekas membuang harta rampasan mrk setelah itu langsung kabur. Setahun setelah itu Corts tiba lagi dengan pasukannya utk mengambil kembali harta yg dahulu gagal mrk rampas. 

Tetapi penduduk Tenochtitln sudah menyembunyikan harta tsb, shg tumpukan emas, permata dan bermacam batu berharga tsb. tidak sempat diketemukan lagi sampai saat ini. Hingga sekrg para pencari harta karun masih sibuk mencari aset suku Aztec tsb di dekat kota Tenochtitln yg sekrg sudah berubah nama jadi Mexico City.

7. King Solomon’ s Treasure, Jerusalem


Artefak artefak suci dijarah oleh bangsa Romawi dari Kuil Yerusalem serta dicurigai disembunyikan di kubah2 di Vatican Sesudah satu dekade.

Arkeolog Doktor Kensley sudah merekontruksikan rute harta karun buat pertama kalinya, baginya harta itu sudah meniggalkan Roma pada abad ke 5 mengarah Kartago, Konstantinopel, serta Aljazair saat sebelum tujuan akhirnya di padang gurun Yudea

Artikel Lainnya