-->

logo

MENU

5 Teknologi Tercanggih Program Luar Angkasa Saat Ini

5 Teknologi Tercanggih Program Luar Angkasa Saat Ini

Pengembangan teknologi di era saat ini emang udah terdapat pada fase luar biasa mutahir Gak terkecuali dengan teknologi luar angkasa yang saat ini kian dibesarkan.


 Ingin tau apa saja teknologi tercanggih program luar angkasa? Simak 5 Teknologi tercanggih program luar angkasa berikut ini. 

1. Falcon Heavy 

Foto: Reuters

Jika dahulu ekspedisi antariksa umumnya cuma sekali jalur doang, jika telah dipakai sekali tidak bakal dapat dipakai lagi. Nah beda dengan Falcon Heavy, kendaraan peluncur orbital ini bisa digunakan ulang. 

Falcon Heavy telah 2 kali digunakan yaitu pada 6 Februari 2018 serta 11 April 2019 barusan. Dari 3 perlengkapan pendorong yang digunakan pada penerbangan awal, 2 di antaranya sukses mendarat. 

Sedangkan dalam penerbangan kedua disaat mengangkat Satelit Komunikasi Arab Saudi ketiga pendorong yang digunakan mendarat sempurna. 2 pendorong itu hendak dipakai ulang pada misi STP- 2 yang direncanakan pada pertengahan tahun 2019 ini. Ini bukan lagi pesawat ulang alik, tetapi daur ulang alik. 

2. Event Horizon Telescope 

Foto: EHT

Lubang gelap baru- baru ini sukses di potret oleh para ilmuwan, yah walaupun gambar yang dihasilkan lebih mirip donat dibandingkan lubang gelap yang biasa kita amati di film- film box office. Foto ini dihasilkan berkat kerja keras Dr. Katie Bowman serta timnya memakai Event Horizon Telescope ataupun EHT yang ialah salah satu teknologi astronomi tercanggih dikala ini. 

Pantaslah gambar lubang gelap yang terletak di Galaxy M87 serta berjarak 53 juta tahun sinar dapat ditangkap. Soalnya teleskop ini gabungan 8 teleskop yang tersebar di Spanyol, Arizona, Mexico, Hawai, Chile, serta Antartica. Makanya buat menciptakan satu gambar ini membutuhkan waktu sepanjang 2 bulan. 

3. Ruang Debris Airbus 

(Foto: Business Insider Australia)

Sampah merupakan permasalahan manusia tidak hanya di bumi doang di luar angkasa pula terdapat, saat ini Sampah luar angkasa yang dideteksi hingga ratusan juta di atas situ, mulai dari satelit hingga gosok gigi. 

Memang tidak nampak tetapi sampah- sampah ini sangat beresiko , jika sirna di luar angkasa tidak ada permasalahan tetapi jika tidak? Makanya sebab kekhawatiran ini Surrey Satellite Technology membuat suatu satelit dengan nama Ruang Debris Airbus yang bertugas buat mensterilkan sampah angkasa. 

Satelit ini bakal dilengkapi bermacam berbagai perlengkapan pembersih semacam jaring tombak layar seret, dan mudah- mudahan angkasa dapat lebih bersih dengan terdapatnya satelit ini. 

4. Komunikasi Laser 

Foto NASA

Melaksanakan komunikasi antara stasiun bumi serta wahana luar angkasa memanglah sangat berarti buat mengenali keadaan para astronot di atas situ. 

Umumnya Komunikasi yang dicoba memakai frekuensi radio, tetapi nanti tidak lagi. NASA saat ini memakai teknologi komunikasi berbasis laser dengan nama Lunar Laser Communication Demonstration ataupun LLCD. 

Pada masa uji coba, sistem komunikasi memakai laser lebih kilat dibandingkan sistem komunikasi radio. kecepatannya menembus 622 Mbps dengan jarak 384. 600 km. 

5. Mobil Angkasa 

[AFP/SpaceX] 

Para ilmuwan terus melaksanakan pencarian planet baru paling utama yang layak huni. Pencarian ini membutuhkan banyak sekali informasi, mulai dari permukaan, ketersediaan air, sampai mungkin terdapatnya kehidupan asing di situ. 

Karenanya diperlukan mesin penjelajah seperti Mobil Angkasa. Pastinya mobil ini sangat berbeda dengan mobil yang terdapat di bumi, sebab di angkasa tidak terdapat gravitasi, medan masih tidak dikenal, belum terdapat aspal, terlebih alien tidak bisa jadi jualan bensin kan disitu. 

Mobil angkasa didesain sangat sederhana, hanya roda, rangka serta mesin. Tetapi jangan salah mobil angkasa ini dapat berjalan di bulan yang tidak mempunyai gravitasi. mobil ini memakai tenaga, dengan bobot cuma 210 kilogram. 5 kali lebih ringan dari mobil avanza. 


Artikel Lainnya