logo

MENU

9 Jenis Burung Paling Langka yang Berharga Fantastis

9 Jenis Burung Paling Langka yang Berharga Fantastis


Untuk sebagian orang, menjaga serta memelihara burung merupakan suatu hobi yang sangat mengasyikkan. Banyak orang yang jatuh cinta pada burung, sebab hewan yang satu ini memang mempunyai banyak daya tarik yang bisa memikat siapa saja yang melihatnya.

Tetapi, tidak cuma untuk dijadikan hewan peliharaan saja, terdapat bermacam berbagai burung yang disukai sebab keahliannya dalam ajang adu balap ataupun adu kicau. Bermacam tipe burung di dunia memang mempunyai keelokan serta keunggulannya masing- masing. Tidak heran, terdapat tipe burung yang memiliki harga selangit.

Tetapi, mengerti kah Kamu jenis- jenis burung termahal di dunia? Ikuti pembahasan berikut, yang dikutip dari bermacam sumber:

9. Oriole Baltimore
Sumber: allaboutbirds. org 2020 
Burung oriole baltimore dikenal dengan kemampuannya bernyanyi yang indah. Burung ini pula sering diikutkan pada lomba burung berkicau.

Burung ini suka bermigrasi dari habibat aslinya di belahan bumi utara ke tempat yang jauh dari tempat tinggal asli, kemudian beranjak ke utara lagi untuk melangsungkan reproduksi. Burung ini dihargai sebesar Rp 12 juta.

8. Mountain Bluebird

allaboutbirds. org 2020 
Mountain bluebird bisa berkembang sampai mencapai tinggi 16- 20 centimeter serta beratnya nyaris 30 gr. Burung ini mempunyai warna biru serta abu- abu gelap serta memakan beri, kacang serta serangga.

Dalam mencari mangsa, mereka bakal melayang di atas mangsa, kemudian mencekik buat menangkapnya. Nyaris sama dengan Oriole Baltimore, burung ini dipatok dengan harga Rp 12 jutaan. 

7. Scarlet Tanager

Sumber: allaboutbirds. org 2020 
Burung scarlet tanager ini berasal dari Amerika Utara bagian timur. Burung ini bisa dengan gampang ditemui di areal hutan yang luas dengan pepohonan oak.

Scarlet tanager terkategori dalam fauna yang cukup pintar. Tidak hanya itu, yang membuatnya mempunyai harga cukup mahal yaitu karena corak warna badannya khas merah serta mempunyai sayap berwarna gelap. Sementara itu, warna kulitnya cenderung ke arah kuning.

Burung ini mempunyai lengkingan suara yang indah. Kecantikan serta keelokan burung inilah yang menjadikan scarlet tanager dibanderol harga sebesar 12, 5 juta rupiah.

6. Flamingo
Sumber: ebird. org 2020
Burung bercorak salem dengan semburat merah muda ini masih generasi burung migran asal Kepulauan Karibia, Amerika Selatan, Afrika Utara, serta sebagian daerah Asia. Burung flamingo ini biasa dijadikan simbol keromantisan.

Flamingo mempunyai karakteristik khas bulu yang bercorak merah muda serta kaki kecil yang panjang. Berkat badannya itu, ia dapat terbang sepanjang 35 mil dalam waktu satu jam saja.

Flamingo merupakan tipe burung yang hidup secara berkelompok serta memerlukan tempat hidup yang luas. Tipe burung rendam ini mencapai Rp 14 juta lebih.

5. Hyacinth Macaw

Sumber: ebird. org 2020 
Hyacinth Macaw merupakan tipe beo terbanyak di dunia yang berhabitat di bagian tengah serta timur Amerika Selatan, dan Amerika Timur. Burung ini mempunyai sayap yang sangat besar. Tidak hanya sayap, Dia pula mempunyai paruh yang besar serta kokoh. Burung ini ialah bentuk asli dari kepribadian utama fim Disney yang berjudul berjudul Rio.

Hyacinth macaw dapat berkembang sampai 1 m, dengan berat mencapai 3, 5 kg. Burung ini terkategori sangat jarang sebab kerap kali diburu untuk diperjualbelikan. Satu ekor anakan burung hyacinth macaw dapat mencapai Rp. 17 juta.

4. Toucan

Sumber: freepik. com 2020
Toucan merupakan tipe burung yang mahal sebab campuran corak bulu serta sayapnya. Corak gelap, ungu, kuning, oranye, hijau serta biru jadi kombinasi corak yang membuat cantik burung ini. Burung ini populer di Meksiko Selatan, Amerika Selatan, serta Karibia.

Di segala dunia ada kira- kira sebanyak 40 spesies burung ini yang tersebar di bermacam negeri. Toucan dihargai lumayan mahal, yakni mencapai kisaran harga Rp 70 juta.

3. Kakaktua Jambul Hitam

Sumber: pixabay. com 2020 
Duduk di urutan ketiga terdapat Black Palm Cockatoo ataupun di Indonesia diketahui dengan nama Kakaktua Jambul Hitam. Kakaktua ini merupakan tipe burung langka yang berhabitat di hutan hujan Australia serta Papua.

Kakaktua jambul hitam mempunyai bulu elok bercorak abu kebiruan solid serta pipi merah yang unik. Tidak cuma itu, kakaktua jambul hitam juga salah satu tipe kakatua yang mempunyai wujud menarik dengan jambul yang mencuat. Pada saat dewasa, burung ini bisa mencapai tinggi sampai 60 centimeter. Tidak heran, burung ini dihargai mahal, yakni di kisaran 224 juta rupiah per ekor.

2. Elang Golden

Sumber: pixabay. com 2020 
Elang golden ialah tipe elang yang berasal dari Republik Ceko serta termasuk dalam tipe elang terbanyak di dunia. Di Indonesia, terdapat salah satu masyarakat di Semarang yang mempunyai burung ini.

Elang ini biasa digunakan oleh masyarakat Ceko buat berburu. Saat ini, elang hasil ternak yang memiliki berat sampai 9 kg dipatok dengan harga Rp 300 juta.

1. Merpati Balap

Sumber: pixabay. com 2020
Di urutan terakhir sebagai burung termahal di dunia merupakan pigeon racing ataupun yang diketahui dengan merpati balap. Pada 2013, terdapat seorang yang menjual merpati balap dengan harga mahal yakni sebesar USD 6 juta ataupun setara hampir Rp 90 miliyar. Sebaliknya di Indonesia, terdapat seseorang pemilik merpati balap yang sukses menjualnya dengan harga Rp 1 miliyar.

Merpati balap dihargai dengan sangat mahal sebab burung ini merupakan burung tercepat di dunia. Burung ini mempunyai banyak prestasi di bermacam kejuaraan burung. Dia memegang rekor di Olimpiade Usain Bolt. Nyaris di tiap kejurnas, burung yang dinamai Jayabaya tersebut meraih trofi juara.

Bila Kamu mau membeli burung ini di pasaran, Kamu wajib merogoh kocek sampai Rp 1, 2 miliyar.

Artikel Lainnya