logo

MENU

WOW! Ternyata Indonesia Salah satu Negara Dengan Militer Terkuat di Dunia Urutan 5 di Asia 2019

WOW! Ternyata Indonesia Salah satu Negara Dengan Militer Terkuat di Dunia Urutan 5 di Asia 2019


Pada saaat ini  isu-isu keamanan stragtegis dunia menjadi perbincangan hangat, masalah kekuatan militer dunia menjadi perbandingan. Asia sebagai salah satu pilar penting kekuatan dunia tak boleh disepelekan.


Bukan rahasia lagi bila negara-negara barat mulai memperhitungkan kekuatan pasukan militer di seluruh Asia sehingga perbincangan soal pasukan militer terkuat di seantero asia bukan hanya diperbincangkan di ranah Asia tapi juga di ranah dunia Jadi mana saja pasukan militer terkuat di Asia berikut ini daftarnya:
1.   
1. China

Sebagai negara berkependudukan terbanyak di dunia sepertinya bukan hal yang mengherankan bila Cina memiliki pasukan militer terkuat di Asia.


Total personel militernya sekitar 2.183.000 orang dengan sekitar 510 orang sebagai personel cadangan belum senjata perang nya yang terdiri dari 13.050 Tank tempur, 40.000 Kendaraan tempur, 4.000 Artileri serta 2.050 Peluncur roket. 


Dan ini hanya dari alutsista Angkatan Darat nya saja belum lagi dari Angkatan Laut dan Angkatan Udara nya yang tak kalah mematikan semua itu belum termasuk sekelompok pasukan khusus paling mematikan.



2. India

Kebanyakan orang masih berpikir bahwa India sebagai negara miskin yang tidak akan bisa bersaing dengan negara lainnya.


Tapi negara ini sebenarnya berpotensi menjadi kekuatan dominan di Samudera Hindia meski memiliki populasi yang banyak dengan Angka kemiskinan yang tinggi, Pertumbuhan ekonomi di negara tersebut ternyata melaju sangat cepat di bidang militer.


India berada di posisi keempat dalam hal kekuatan militer terkuat di dunia jumlah pasukan militer yang aktif di India saja mencapai 1.362.500 orang dengan sekitar 2.000.100 orang sebagai personel cadangan dan memiliki hingga 4.184 Tank tempur, 2.815 Kendaraan tempur, 4.060 artileri serta 266 peluncur roket.


Sektor Angkatan Laut juga terus berkembang India bekerjasama dengan beberapa negara Eropa seperti Perancis dalam hal persenjataan militer.

3.  Jepang

Jepang masih berada di urutan keenam dalam deretan negara terkuat di dunia soal kekuatan militernya dan berada di urutan ketiga dalam hal ekonomi terbesar di dunia.


Kekuatan militer Jepang memang bisa dibilang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan saingan nya Tiongkok. Namun bukan berarti lebih lemah Hal ini karena Jepang dilengkapi dengan peralatan militer canggih yang berasal dari Amerika Serikat sebagai sekutunya.


Untuk pertahanan kepulauannya saja Jepang memiliki misil-misil yang mampu menembakkan balistik baik dari dalam atau bahkan luar atmosfer bumi bahkan negara tersebut memiliki Angkatan Laut dan Angkatan Udara terkuat di Asia.

4. Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara dengan ekonomi terbesar ke-3 di Asia dan ke-12 di dunia negara ini adalah salah satu dari empat Macan Asia dengan perkembangan ekonomi yang sangat cepat melaui perdagangannya.


Partner ekspor impor nya adalah Tiongkok yang juga merupakan negara dengan ekonomi besar, di bidang militer Korea Selatan punya 625.000 pasukan aktif serta 2.654 Tank,  hebatnya lagi Korea Selatan mampu memproduksi sendiri persenjataan militer nya termasuk Tank dan Peluncur Roket.


Jika dibandingkan dengan persenjataan negara lain memang masih kurang bersaing , Namun pasukan militer nya terkenal dengan latihan yang keras dan disiplin yang sangat tinggi.


Para wajib militernya bahkan dikenal biasa dipukuli hal ini membuat Korea Selatan memiliki pasukan militer yang kuat.

5. Indonesia

Indonesia juga tidak bisa diremehkan begitu saja apalagi dengan kekuatan militernya yang berada di urutan ke 16 sedunia.


Pasukan bersenjata nya sudah cukup mampu menjaga kekuatan negara tanpa perlu adanya bantuan tambahan dari wajib militer.


Selain pasukan militer perlengkapan bersenjata lain yang dimiliki oleh TNI juga cukup mumpuni mulai dari Tank, Jet tempur, Kapal tempur, Helikopter dan masih banyak lagi.


Di bidang ekonomi Indonesia bisa dikatakan sebagai kekuatan yang sedang bangkit negara kita memang masih belum benar-benar stabil tapi Indonesia ternyata berada di urutan ke-10 ekonomi terbesar di dunia.


Biasanya hanya sebagian negara seperti Tiongkok Jepang dan Korea yang benar-benar diakui sebagai negara modern maju dan kuat tapi sebenarnya negara lain di Asia juga tidak kalah bersaing dengan 3 negara tersebut baik di sisi ekonomi maupun militernya.

Dengan ekonomi yang terus tumbuh pesat dan didampingi dengan militer yang tangguh maka negara-negara di Asia juga akan tumbuh sebagai negara yang kuat dan disegani di Dunia.

Artikel Lainnya