-->

logo

MENU

Fantastis! Intip Deretan Gaji Presiden Republik Indonesia dari Jaman Soekarno Hingga Joko Widodo

Fantastis! Intip Deretan Gaji Presiden Republik Indonesia dari Jaman Soekarno Hingga Joko Widodo



Ada hal yang selalu menjadi pertanyaan publik tentang berapa jumlah gaji yang didapatkan oleh Presiden sampai-sampai kursi nomor satu negara ini menjadi rebutan.


Setelah kemerdekaan Indonesia telah mengalami 7 Kali pergantian kepala negara berikut ini daftar gaji presiden Indonesia dari zaman Soekarno  hingga jaman Jokowi.


Soekarno


Bapak proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia ini ditetapkan menjadi Presiden pada tanggal 18 Agustus 1945 akan tetapi baru setelah 3 bulan pelantikannya menjadi orang nomor satu di Indonesia, barulah aturan gaji Presiden diterbitkan pada saat itu Soekarno menerima gaji sebesar 200 dolar.


Kurs Dolar pada saat itu tidak sama dengan yang sekarang ya jika dirupiahkan pada saat itu, Soekarno hanya menerima jumlah gaji sebanyak Rp 1.000 per bulan ditambah tunjangan jumlah tersebut bahkan tidak mampu memenuhi kebutuhan keluarganya kata Soekarno pada masa itu.

Soeharto


Semua orang tahu kalau bapak orde baru ini memiliki masa jabatan terlama, Soeharto pada saat itu menjabat sebagai kepala negara selama 31 tahun dari tahun 1967 hingga 1998. 


Kemudian untuk gajinya sendiri Soeharto pada awal masa jabatannya menerima total gaji Rp 3.000.000 termasuk tunjangannya, lalu di tahun 1993 gaji pokok Soeharto mengalami kenaikan menjadi 15 jutaan rupiah.


Sedangkan di akhir masa kekuasaannya gajinya naik lagi Menjadi 30 jutaan rupiah per bulan hingga pada akhirnya pria kelahiran 8 Juni 1921 ini harus Lengser pada tahun 1998 dan menjadi salah satu momen menegangkan sepanjang sejarah negara ini.

BJ Habibie


Presiden ketiga Indonesia ini menjabat sebagai presiden dengan masa jabatan terbilang sangat singkat, pria yang lahir pada tanggal 25 Juni 1936 ini hanya menjabat sebagai presiden selama 1 tahun 5 bulan saja beliau menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri pada tahun 1998.




Jumlah gajinya pada saat itu Habibie menerima gaji yang tidak jauh berbeda dari Soeharto yaitu Sekitar 32 jutaan sebulannya Meskipun terbilang singkat dalam mengemban tugas beliau berhasil mengantar Indonesia ke transisi demokrasi.

Abdurrahman Wahid


Presiden yang akrab disapa dengan Gus Dur mantan ketua NU sekaligus budayawan ini pernah menjabat sebagai presiden pada tahun 1999 sampai 2001, mengenai gajinya sendiri Gus Dur menerima penghasilan sebanyak 35 juta perbulan pada waktu itu.


Terus ada yang unik mengenai gaji pertama yang didapatkan pria kelahiran 7 September 1940 ini, pada waktu menjabat sebagai presiden saat menerima gaji pertamanya beliau langsung memberikannya kepada Menteri Luar Negeri pada saat itu yaitu Alwi Sihab buat beli jas yang bagus katanya.

Megawati Soekarnoputri


Megawati merupakan sosok presiden perempuan pertama yang pernah menempati kursi nomor satu di Indonesia, Presiden kelima ini menjabat sejak tanggal 23 juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.


Putri Presiden Insinyur Soekarno ini menerima pendapatan sebagai presiden pada saat itu sebesar 50 juta rupiah perbulan, pada tahun 2004 jumlah gaji yang didapatkan saat itu sangat jauh berbeda saat Megawati diangkat menjadi ketua dewan pengarah badan ideologi pembinaan Pancasila atau BPIP yakni sebesar 112 juta rupiah.

Susilo Bambang Yudhoyono


Pria kelahiran Pacitan 9 September 1949 ini merupakan presiden kelima sekaligus menjadi presiden pertama yang dipilih melalui pemilihan umum pada tahun 2004, selama dua periode mulai tahun 2004 hingga 2014.


Presiden yang akrab dengan nama SBY ini memperoleh gaji beserta tunjangannya sebanyak 62 jt perbulan, Sedangkan untuk biaya operasionalnya bisa menembus 2 miliar rupiah sebulannya.

Joko Widodo


Sebelum menjabat sebagai kepala negara, Jokowi pernah menjadi gubernur DKI Jakarta pada tanggal 15 Oktober 2012 sampai 16 Oktober 2014.


Di tahun 2014 beliau terpilih menjadi presiden hingga saat ini, dalam mengemban amanah sebagai presiden pria kelahiran Surakarta 21 Juni 1961 ini berhak atas gaji sebesar 30 jutaan rupiah per bulannya itu belum termasuk tunjangan yang ia dapatkan yakni Sekitar 32 jutaan Jadi kalau di totalkan  gaji Pak Jokowi ini sebesar 62 jt rupiah perbulannya ditambah dana operasional 2 milyar rupiah.

Artikel Lainnya