logo

MENU

Swedia mah bebas !! 5 Tradisi Kelulusan Sekolah Paling Unik di Dunia

Swedia mah bebas !! 5 Tradisi Kelulusan Sekolah Paling Unik di Dunia



Beda tempat tentu beda pula budayanya hal ini juga berlaku dengan perayaan kelulusan sekolah yang biasa dialami oleh para Murid SMA. Setelah menghabiskan waktu 3 tahun lamanya di bangku sekolah dan menyelesaikan beberapa lembar soal ujian nasional yang dikenal sangat susahnya.


Kini para Murid SMA sudah bisa merasakan sebuah kemenangan nah beragama cara pun dilakukan oleh mereka bersama pihak sekolah, hingga pesta bersama orang-orang tercinta mulai dari teman serta sehingga teman geng yang selama masa sekolah menjadi saudara Tak Terpisahkan,dan inilah beberapa negara yang mempunyai cara unik dalam merayakan kelulusan.

1. CORET SERAGAM ANAK SMA DI INDONESIA


Di Indonesia memang kental akan budaya dan saking banyaknya budaya tersebut anak-anak mudanya pun tidak mau ketinggalan nih, Nah saat ujian nasional ususnya bagi SMA yang telah usai dan waktu kelulusan telah tiba secara serentak nih para anak SMA di Indonesia akan merayakan kelulusan nya dengan cara yang unik.


Seperti kita tahu anak SMA di Indonesia akan selalu mencoret-coret seragamnya dengan pilox warna warni bersama teman sekelasnya dalam warna dan warna tersebut tersemat beragam ciri tanda tangan dan juga momen indah yang mewakili 3 tahun lamanya selalu bersama .

Bahkan tak cukup corat-coret saja  para anak yang dikatakan baru gede ini akan melakukan onvoi besar-besaran menggunakan motor atau bahkan mobil punya orang tuanya.

2. TRADISI KELULUSAN SMA NORWEGIA


Di negara paling utara Eropa ini ada sebuah tradisi yang selalu dan Sudah menjadi kewajiban yang dilakukan oleh murid SMA dikala kelulusan tiba, yah bagi para rasa atau sebutan anak SMA di sana akan merayakan kelulusan sekolahnya dengan mengenakan celana panjang dan topi merah selamat tanggal 1 Mei hingga hari Konstitusi pada 17 Mei setiap tahunnya anak SMA Norwegia akan menyewa sebuah mobil atau bus.


Tanggal 16 mei sebelum kelulusan tiba nah layaknya sebuah kemenangan para siswa ini akan meminum alkohol sesuai tradisi masyarakatnya dan memutar musik dengan keras esok harinya ni tanpa mandi dan berganti baju dan hanya mengandalkan pakaian bekas para klasik ini akan kembali membaur dengan masyarakat untuk merayakan hari kemenangan mereka atau hari Konstitusi Norwegia.

3. TRADISI LEPAS KANCING BAJU DI JEPANG 


Nah yang satu ini mungkin bisa dikatakan sangat unik dan sarat akan makna di negeri Sakura ada sebuah tradisi yang sudah menjadi turunan, pasca lulus dari sekolah para pelajar lagi akan melepaskan kancing baju dari seragamnya. Adapun maksud dari melepaskan diri mereka bukan untuk hal yang masuk melainkan untuk dijadikan kenangan dan diberikan kepada para pacar atau teman dekatnya waktu di sekolah.

Yang spesial karena letaknya yang paling dekat dengan hati dan seragam adalah pakaian yang mereka pakai selama 3 tahun di pendidikan sekolah, jadi kedua gaya tersebut adalah wakil dari perasaan mereka selama di sekolah sampai kelulusan, keren juga ya tradisinya  coba di Indonesia ada yang kayak gitu pasti seneng deh.

4. PERAYAAN KELULUSAN di SWEDIA 


Sebagai negara yang berwibawa kelulusan anak sekolah di Swedia selalu dirayakan dengan cara yang formal dan teratur, perayaan tersebut tidak hanya melibatkan murid saja loh, melainkan para guru dan orang tua yang senantiasa menjadi orang terpenting dalam masa perkembangan para siswa di sekolah. 

Di hari kelulusan para pelajar akan mengenakan pakaian formal serta topi pelaut berwarna putih yang orang sana diberi nama Julian Musa sebagai pakaian selebrasi tak lupa juga para siswa akan melakukan foto bersama dengan keluarga tercinta nya.


Adapun puncak dari perayaan kelulusan siswa akan berkeliling kota dengan menggunakan truk dan traktor di sepanjang jalan para siswa yang lulus tersebut akan menyanyi menari dan berteriak sebagai ungkapan rasa senang dan bahagia atas kelulusan yang mereka dapatkan data hanya sampai disitu saja jalan-jalan pun akan dipenuhi oleh ratusan orang yang ikut merayakan dengan memegang bunga balon dan juga boneka berwarna-warni.


5. TRADISI LEMPAR MAKANAN DI ARGENTINA


Negara yang satu ini bisa dikatakan sebagai tradisi kelulusan yang sangat konyol, tak seperti negara lain yang selalu memberikan ucapan dan bahkan ada yang selalu memberikan karangan bunga kepada siswa atau siswi yang baru lulus sekolah.


Di Argentina ada sebuah tradisi di mana para siswa akan melakukan lempar melempar bahan makanan layaknya perayaan ulang tahun di Indonesia, tradisi melempar dan juga mengotori tubuh dengan makanan menjadi perayaan kelulusan yang dilakukan oleh semua siswa dari Argentina.


Mereka menggunakan telur mentah tepung susu dan lain sebagainya untuk dilempar kepada teman pasca kelulusan bahkan ada juga yang sampai menggunting baju dan rambut, tradisi ini bisa dikatakan gila atau menyenangkan tergantung dari kepribadian orang yang melihatnya.

Artikel Lainnya