-->

logo

MENU

5 Mobil Mainan Termahal di Dunia Berharga Milyaran

5 Mobil Mainan Termahal di Dunia Berharga Milyaran

Mobil- mobilan, terhitung tipe die cast, umumnya jadi kesukaan anak- anak. Tetapi, gak sedikit pula orang dewasa yang mengoleksi mainan tersebut buat kesenangan pribadi.

Pada biasanya, orang gak menghasilkan banyak uang buat beli mobil- mobilan. Terlebih jika mainan tersebut bakal diberikan pada anak, adik, ataupun keponakan mereka. Harga per unitnya pasti gak bakal melebihi Rp 1 juta.

Tetapi, terdapat pula mobil- mobilan die castyang dibanderol hingga jutaan rupiah. Umumnya mainan tersebut ialah diecast merek- merek ternama semacam Hot Wheels hingga Matchbox.

Berikut 5 Mobil Mainan Termahal di Dunia.

1. Matchbox Nomor. 30


Matchbox merupakan salah satu merk die cast yang dipunyai oleh industri Mattel. Mattel ini pula yang memproduksi die cast merk Hot Wheels. Die cast Nomor. 30 ini sesungguhnya udah dirilis lama banget yakni tahun 1961.

Berupa mobil derek dengan bodi perak, truk tersebut awal mulanya dibanderol hanya 50 sen dolar aja. Tetapi, pada tahun 2004, truk tersebut laku terjual ke seseorang kolektor yang udah memiliki dekat 35. 000 koleksi mobil- mobilan bernilai US$ 1, 4 juta.

 Dikala itu, Matchbox Nomor. 30 ini ditebus sang kolektor dengan harga US$ 13 ribu ataupun kurang lebih Rp 189 juta bila dikonversi dengan kurs saat ini.

Dari contoh ini meyakinkan jika mobil- mobilan semacam diecastternyata dapat jadi investasi luar biasa, kan?


*2. The Matchbox Quarry Truck*

The Matchbox Quarry Truck (antiquestradegazette)

Jauh saat sebelum Matchbox Nomor. 30, sesungguhnya terdapat mainan truk lain yang udah dirancang pabrikan asal Inggris ini. Mainan tersebut diberi nama The Matchbox Quarry Truck.

Awal mulanya mainan truk tersebut dirancang dengan tipe kecil. Setelah itu di tahun 1954 muncullah ilham oleh Ken Wetton buat buat tipe dimensi besar. Sebagai informasi, Ken Wetton ini merupakan perancang prototype Lesney Products, industri dini owner brand Matchbox. 

Tetapi, dikala itu malah mainan tipe kecillah yang mulai terkenal sehingga ilham buat buat mainan truk dengan tipe besar dari prototypeyang ada diabaikan.

Bertahun- tahun setelahnya, rancangan tipe besar tersebut malah lenyap. Karya tersebut pulalah yang dipercaya salah satunya sisa pekerjaan Ken Wetton. Dengan alibi sentimentil itu, lumayan banyak kolektor yang memburu rancangan tersebut.

Barulah di tahun 1980- an, dikenal mainan truk tersebut udah dipunyai oleh kolektor Jepang bernama Takuo Yoshise. Maret tahun 2010, kolektor tersebut melepas mainan truk Matchbox Quarry ke kolektor lain dengan harga US$ 15 ribu ataupun setara Rp 218 juta. Menang banyak dong!

3. 1969 VW“ Beach Bomb”

VW Beach Bomb (pinterest)

1969 VW“ Beach Bomb” ataupun kerap diucap miniatur VW Beach Bomb yang dirilis tahun 1969 merupakan mainan yang dirilis oleh Mattel. Mainan mobil ini berupa mini van bercorak ungu.

Lucunya, mobil van tersebut memiliki pernak- pernik 2 papan selancar yang malahan gak dapat masuk ke dalam mobil- mobilan tersebut. Tetapi senantiasa aja, mainan ini dicari- cari oleh kolektor.

Di tahun 1999, mobil tersebut terjual ke salah satu kolektor dengan harga US$ 72 ribu ataupun kurang lebih Rp 1 miliyar.

4. 40th Anniversary Hot Wheels Car

Hot Wheels termahal di dunia (wikia)

40th Anniversary Hot Wheels Car merupakan mobil bikinan Hot Wheels yang memakai bahan emas putih 18 karat, setelah itu dilapisi pula oleh 1. 388 berlian biru, 988 berlian gelap, 319 berlian putih, dan batu rubi sebanyak 8 buah.

Ditotal- total, mainan mobil Hot Wheels tersebut bernilai US$ 140 ribu ataupun kurang lebih Rp 2 miliyar. Tetapi, sayangnya pas dilelang mobil tersebut cuma terjual di angka US$ 60 ribu aja ataupun setara Rp 872 juta. Kalah sama Beach Comb dong ya, sementara itu udah berlapis batu- batuan mulia gitu.

5. Ferrari Testarossa

Ferrari Testarossa mini (flickr)

Berbeda dari mobil- mobilan di atas yang mana berupa die cast, Ferrari Testarossa merupakan mobil- mobilan yang dapat dikendarai.

Ferrari Testarossa ini ialah tipe mini dari supercar tahun 1980- an bernama sama. Tipe mini ini memiliki dimensi kurang lebih separuh dari dimensi aslinya. Mobil ini sesuai digunakan oleh anak- anak tetapi senantiasa aja gak boleh digunakan di jalanan.

Mobil tersebut terbuat memakai cermin fiber, mempunyai kap mesin, serta memakai jok kulit. Seperti mobil beneran deh hanya aja dalam tipe mini.

Mula dirilis, mobil tersebut dibanderol dengan harga 35 ribu Poundsterling ataupun dekat Rp 666 juta. Tetapi, sekitar tahun 2015 kemudian harga mobil- mobilan tersebut malah melonjak melebihi harga tipe aslinya.

Di salah satu lelang, Ferrari Testarossa terjual dengan harga 125 ribu Poundsterling ataupun setara Rp 2, 3 miliyar!

Artikel Lainnya