-->

logo

MENU

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Di Rumah Saat Memperingati Hari Kemerdekaan

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Di Rumah Saat Memperingati Hari Kemerdekaan

Tidak hanya upacara pada tanggal 17 Agustus, bermacam- macam lomba pula kerap diadakan. Hal ini merupakan tradisi yang dilakukan warga Indonesia guna memperingati Hari Kemerdekaan.


Hari Ulang Tahun Republik Indonesia itu jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, yang diperingati secara besar besaran dari ujung Sabang sampai Merauke.

Namun, peringatan yang dilakukan kayak biasa nampaknya tidak dapat dilakukan sebagaimana sama dengan tahun- tahun sebelumnya sebab pandemi COVID- 19 yang menerpa 1 tahun terakhir ini.

Berikut 5 Hal yang dapat dilakukan buat memperingati hari kemerdekaan di rumah.

1. Memakai pakaian merah putih

Ladiestory.id

Memperingati Hari Kemerdekaan pula dapat dilaksanakan dengan cara memakai pakaian dengan warna merah putih ataupun memakai pakaian tradisional. Kalian pula dapat memposting style terbaik kalian pada tanggal 17 Agustus di media sosial.

2. Mengikuti upacara bendera dari rumah

Ladiestory.id

Peringatan HUT RI yang ke- 76 bisa dilaksanakan dengan mengikuti upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih cuma dari rumah. Upacara Pengibaran Bendera Pusaka dilaksanakan di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus pagi. Upacara ini dapat dilihat lewat media tv.

Upacara ini bakal dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Berbeda dengan tahun- tahun tadinya, upacara kali ini bakal dilaksankan oleh 8 pasukan pengibar bendera pusaka( Paskibraka) saja. Sedangkan upacara penurunan bendera bakal dilakukan di sore harinya.

3. Lomba Virtual

Ladiestory.id

Lomba dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ini merupakan salah satu hal yang sangat dinanti nantikan. Berbagai lomba yang biasanya dilakukan antara lain lomba balap karung, panjat pinang, makan kerupuk, serta lomba seru yang lain. Pada masa pandemi ini, memang lomba- lomba tersebut tidak bisa dicoba kayak tahun- tahun sebelumnya.

Tetapi jangan sedih, kalian masih senantiasa bisa melakukan lomba secara virtual. Semacam lomba makan kerupuk lewat video call ataupun lomba membuat video TikTok. Hal ini pasti tidak kalah seru kan?

4. Memasang bendera di rumah

Ladiestory.id

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan, para masyarakat sudah terbiasa buat memasang bendera merah putih pada halaman rumah mereka. 

Memasang bendera tampaknya tidak cuma wujud bentuk rasa cinta terhadap tanah air, tetapi pula suatu kewajiban yang sudah diatur pada Pasal 7 Ayat( 3) Undang- undang No 214 Tahun 2009. Walaupun tidak keluar rumah, jangan lupa senantiasa memasang bendera merah putih pada halaman rumahmu ya!

5. Aktivitas kreatif di rumah

Ladiestory.id

Laksanakan sebagian aktivitas kreatif di rumah dengan mengikutsertakan anak serta seluruh anggota keluarga. Kalian dapat saja menghubungkan tiap aktivitas dengan semangat kemerdekaan.

Kayak membacakan sejarah kemerdekaan, menggambar dengan tema pahlawan, hingga lomba kecil- kecilan yang lain di rumah.

Walaupun cuma di rumah, kalian masih dapat memeringati serta memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia secara meriah dengan caramu sendiri.

Artikel Lainnya