-->

logo

MENU

6 Musibah Kecelakaan Kapal Selam Tragis Sepanjang Masa

6 Musibah Kecelakaan Kapal Selam Tragis Sepanjang Masa

Insiden Tenggelamnya Kapal selam KRI Nanggala- 402 terjadi pada Sabtu( 24/ 4/ 2021). Kapal selam kepunyaan TNI Angkatan Laut ini dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali semenjak Rabu( 21/ 4/ 2021).

Panglima TNI Hadi Tjahjanto melaporkan KRI Nanggala- 402 hadapi subsunk( tenggelam) sehabis melaksanakan pencarian sepanjang 72 jam.

Insiden yang dialami KRI Nanggala- 402 jadi sorotan dunia sebab merupakan insiden terkini menimpa kejadian kapal selam.Tadinya, terjadi bermacam insiden yang mengaitkan kapal selam di bermacam negara berikut Ini selain KRI Nanggal- 402:

1. USS Scorpion

USS Scorpion ataupun SSN- 589 ialah kapal selam bertenaga nuklir kelas Skipjack 3. 500t yang ditugaskan Angkatan Laut AS pada Juli 1960.

Masih dari Naval Technology, 21 Mei 1960 USS Scorpion memberi tahu letaknya dekat 50 mil selatan Azores serta tidak terdapat permasalahan yang dicurigai.  Akan tetapi, pada 27 Mei 1960 kapal selam ini kandas kembali ke Norfolk.

Angkatan Laut AS melaksanakan pencarian. Hingga kesimpulannya, kapal selam diumumkan sebagai" diduga hilang" pada 5 Juni 1960. Insiden ini menewaskan 99 awak kapal.

2. Kursk

Kapal Kursk ataupun K- 141 Kursk ialah kapal selam rudal jelajah kelas Oscar- II buatan Rusia.

Dikutip dari Naval Technology, pada Desember 1994 Kursk jadi salah satu dari 30 kapal yang ambil bagian dalam latihan" Summer- X" yang ditugaskan Angkatan Laut Rusia.

Pada saat 12 Agustus 2000, Kapal Kursk tenggelam di Laut Barents. Kursk hadapi ledakan disaat bersiap menembakkan torpedo tiruan sepanjang latihan. Kebocoran dari salah satu torpedo dinyatakan menimbulkan ledakan tersebut.

Ada 118 orang dalam kapal selam tersebut. Masih terdapat 23 yang bertahan di kompartemen ke- 9 pada saat kapal selam menghantam dasar laut. Sayangnya, mereka setelah itu meninggal sebab kekurangan oksigen.

3. USS Thresher

Pada 10 April 1963, kapal selam bertenaga nuklir USS Thresher ataupun SSN 593 hilang serta dinyatakan tenggelam.

Mengutip lawfareblog. com, 129 anggota awak kapal serta masyarakat sipil di Thresher tewas bersamanya. Ini jadi catatan korban meninggal paling banyak akibat kapal selam tenggelam dalam sejarah.

Beberapa menit saat sebelum tenggelam, Thresher pernah mengirimkan sinyal terdapatnya kendala kecil ke kapal Skylark.

Kapal selam itu terletak kedalaman kurang lebih 1. 300 kaki pada saat musibah berlangsung. Permasalahan di bagian pipa yang menyebabkan hilangnya energi diidentifikasi selaku pemicu utama musibah.

4. HMS Thetis

Kapal selam Inggris, HMS Thetis ataupun N25 merupakan kapal selam kelas- T Tim 1 yang dibentuk oleh galangan kapal Cammell Laird.

Kapal selam itu diluncurkan pada Juni 1938 serta mulai beroperasi setahun setelah itu. Kapal selam tersebut melaksanakan uji coba selam di Teluk Liverpool.

Masuknya air di tabung torpedo serta bagian haluan memicu kapal selam karam hingga 150 kaki. Insiden ini menewaskan 99 orang dari 103 awak kapal.

Awal kapal segera melepaskan pelampung serta meluncurkan suar dorongan. Kapal ini pernah mengapung sepanjang beberapa jam, namun cuma 4 awak yang berhasil selamat sedangkan sisanya tewas sebab mati lemas.

5. K- 129

Kapal selam K- 129 ialah salah satu kapal selam rudal balistik strategis Project 629A( kelas Golf II) dari Armada Pasifik Soviet.

Pada 8 Maret 1968 kapal selam K- 129 mengalami insiden tenggelam di Samudra Pasifik. Kapal ini pernah hilang kontak sehabis meninggalkan Kamchatka dalam misi patroli pada Februari 1968.

Dia pernah memberi tahu letaknya disaat uji coba menyelam namun tidak mengirimkan komunikasi lebih lanjut. Misi pencarian dicoba, namun kandas. Sehingga akhirnya dinyatakan hilang.


Pada Agustus 1968, puing K- 129 ditemui oleh USS Halibut di barat laut Oahu pada kedalaman kurang lebih 4. 900 m. Pemicu musibah masih belum diketahui. Peristiwa ini menewaskan seluruh awak di dalamnya sebanyak 98 orang.

6. USS Tang

Pada 24 Oktober 1944 malam, kapal selam Angkatan Laut AS USS Tang terletak di Selat Taiwan membayangi konvoi besar kapal tanker serta angkutan Jepang.

Mengutip Buisness Insider, Tang menembakan banyak torpedo buat melumpuhkan kapal Jepang. Dengan 2 torpedo tersisa, Tang menembakkan torpedo terakhirnya, namun terdapat yang tidak beres.

Torpedo seketika menembus permukaan serta berputar, langsung mengarah Tang. 20 detik setelah itu, senjata makan tuan itu menghantam ruang torpedo balik Tang. Ini jadi akhir yang kurang baik dalam sejarah Angkatan Laut AS.

Artikel Lainnya