-->

logo

MENU

Mengenal Suku Nenets Terakhir Yang Tinggal Di Bagian Utara Terpencil Dunia

Mengenal Suku Nenets Terakhir Yang Tinggal Di Bagian Utara Terpencil Dunia

Jika kalian bisa tinggal di mana saja pasti kalian akan memilih tempat yang nyaman berlokasi strategis dan mudah diakses, bukan? Namun, sebenarnya bukan itu yang dilakukan suku Siberia ini. 


Suku Nenets, penduduk asli Siberia hidup dalam cuaca yang sangat dingin -58 derajat Fahrenheit. Nenets adalah orang nomaden yang tinggal di bagian utara terpencil dunia. Suku ini tinggal di wilayah Okrug Otonom Yamalo-Nenets yang bersalju yang merupakan bagian dari Siberia di Rusia. 

Yamalo-Nenets secara harfiah berarti "ujung bumi". Sejauh mata memandang tidak ada apa-apa selain selimut es. Tidak ada tanda-tanda peradaban manusia, seperti desa atau bahkan bangunan. Sekarang ada sekitar 10.000 keturunan yang masih tinggal di Siberia dan melestarikan tradisi nomaden kuno mereka, berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Suku Nenets, Siberia (foto: Steve Morgan)

Rumah mereka adalah teepees, atau tempat berlindung berbentuk kerucut. Di rumah-rumah inilah mereka menyimpan daging rusa dan pakaian kulit rusa. Mereka makan daging rusa mentah dan menggunakannya, tidak hanya untuk makanan tetapi juga untuk membuat pengorbanan kepada para dewa dari agama kuno mereka. 

Melalui musim dingin sebagian besar suku Nenet menggiring rusa mereka ke taiga, atau hutan utara. Sementara di musim panas dengan sinar matahari yang konstan mereka bermigrasi kembali ke utara sejauh seribu kilometer karena mereka mengikuti pola migrasi alami rusa melintasi daratan dan Sungai Ob yang membeku. 

Suku ini telah berpegang pada prinsip hidup nomaden selama ribuan tahun di Kutub Utara. Terletak lebih dari 3.200 kilometer dari Moskow yang agak jauh dari jarak ke London dan New York. 

Mereka jelas menjalani kehidupan yang jauh lebih tradisional daripada kebanyakan orang kota jauh dari peradaban dan teknologi modern, guys. Jika Anda pernah melihat sekelompok orang yang bisa menjinakkan hewan liar biasanya hanya melalui film, ya guys? Tetapi orang Dukha yang menetap di dataran tinggi Mongolia benar-benar menjinakkan hewan liar seperti serigala elang dan rusa sebagai hewan peliharaan. 

(foto: Steve Morgan)

Mirip dengan Nenets of suku ini juga nomaden, dan penggembala rusa kutub di ujung bumi. Selama lebih dari seribu tahun orang Dukha, juga dikenal sebagai Tsaatan telah tinggal di hutan tengah di bagian utara Mongolia. Mereka berpindah dari padang rumput ke padang rumput setiap 7 sampai 10 minggu. 

Yang unik dari suku ini adalah hubungan spiritual yang mereka miliki dengan hewan di sekitar mereka. Bahkan hewan liar seperti serigala dan elang menjadi jinak, ketika mereka bertemu dengan orang-orang Dukha. Mereka biasanya menggunakan hewan ini untuk membantu mereka berburu saat mencari makanan.

(foto: Steve Morgan)

Tidak hanya ituhewan besar seperti beruang juga tunduk pada Dukha. Saat mereka mempertahankan tradisi unik mereka siapa yang mengira suku ini suatu hari akan mati? Ini sebagian karena lokasi tambang emas dekat tempat tinggal mereka yang menyebabkan beberapa Dukha berganti profesi. 

Ditambah godaan dari kehidupan modern dan semakin banyak Dukha meninggalkan gaya hidup tradisional mereka sepenuhnya. Faktor mengejutkan lainnya adalah peraturan baru yang melarang mereka,dari berburu di hutan yang sekarang dilindungi. 

(foto: Steve Morgan)

Daerah tempat mereka biasanya berburu makanan semakin kecil dan kecil. Menurut antropolog Harvard Hamid Sardar Afkhami mereka jelas orang yang menghadapi kepunahan di era modern. Dia berkata bahwa dulu ada 200 keluarga yang tinggal di hutan bagian dalam Mongolia, tapi sekarang katanya hanya tersisa sekitar 40 keluarga dan 1.000 rusa kutub. 

Jumlah mereka terus menurun karena banyak diantara mereka telah memutuskan untuk meninggalkan komunitas ,untuk hidup dalam kondisi yang lebih modern. Banyak Dukha sekarang tinggal di kota dan beberapa bahkan di ibu kota. Tidak hanya itu, Ancaman terbesar yang mereka hadapi adalah keengganan generasi muda untuk hidup dalam kondisi yang keras di taiga, atau hutan bersalju. 

Faktor-faktor inilah yang menyebabkan beberapa Dukha sekarang mengandalkan pariwisata. Pariwisata saat ini telah menjadi sumber pendapatan terbesar mereka. Beberapa tahun terakhir,banyak perusahaan wisata telah menawarkan penawaran paket untuk perjalanan singkat, untuk mengunjungi komunitas Dukha sebagai bagian dari rangkaian tur di Mongolia.

Artikel Lainnya