logo

MENU

7 Perhiasan Termahal dan Misterius Yang Pernah Dicuri dari Berbagai Kerajaan di Dunia

7 Perhiasan Termahal dan Misterius Yang Pernah Dicuri dari Berbagai Kerajaan di Dunia



Yang namanya perhiasan pasti  banyak  yang mencari apalagi perhiasan dari sebuah kerajaan kalau yang akan dibahas kali ini pasti pencuri yang doyan perhiasan karena mereka sampai nekat mencuri perhiasan milik kerajaan di dunia yang harganya fantastis, berikut adalah 7 Perhiasan Termahal dan Misterius Yang Pernah Dicuri dari Berbagai Kerajaan di Dunia. 

1. Berlian Biru



Blue diamond atau berlian biru adalah batu mulia milik Pangeran Saudi Arabia yaitu Faisal berlian ini berkadar 50 karat yang menjadi batu mulia paling kontroversial, kisahnya itu diawali ketika berlian biru dan beberapa batu mulia lainnya dicuri pada tahun 1989 seorang tukang kebun asal Thailand yang dituduh mengambil batu batu mulia tersebut dari kamar Pangeran tersebut.


Menurut polisiperhiasan itu kemudian dikirim ke kampung halamannya di Thailand peristiwa ini membuat hubungan kedua negara memanas hingga 25 tahun, soalnya pasca pencurian tersebut  serentetan peristiwa terjadi seperti konspirasi penculikan politik hingga pembunuhan kabarnya berlian biru ini mengandung kutukan.


2.  Artefak Kerajaan Mataram Kuno



Artefak Kerajaan Mataram Kuno  nasional yang berasal dari kerajaan Mataram Kuno abad ke-10 masehi hilang pada September 2013 lalu keempat  artefak itu adalah lempeng naga dengan skripsi yang berbentuk naga melingkar berukuran panjang 5,6 x 5 cm, kemudian lempeng bulan sabit beraksara berukuran 8 x 5,5 cm ia berbentuk seperti bulan sabit berbahan emas.




Kemudian ada wadah tertutup berdiameter 6,5 senti dan tinggi 6,5 cm berbentuk seperti dandang bertutup tanpa pegangan yang berukuran sangat kecil dan yang terakhir adalah lempeng harihara berukuran 10,5 x 3,5 cm yang berbahan emas dan perak.



Pastinya banyak yang menyesalkan hilangnya benda-benda bersejarah yang ditaksir bernilai puluhan miliar rupiah itu, beberapa orang kaya yang siap membeli kembali artefak  tersebut untuk dikembalikan ke museum.

3. Anting dan bros Kesultanan Mughal India


Di awal tahun 2018 lalu kawanan pencuri berhasil menggondol sejumlah perhiasan asal India milik Keluarga Kerajaan Qatar, menurut polisi  para pencuri ini berhasil membawa kabur sepasang anting dan bros yang nilainya itu 1,2 juta dolar atau sekitar 16,1 miliar rupiah.

Peristiwa tersebut terjadi pada pameran harta karun di Mughal di antara Maharaja di Istana Plaza Mall square Di Venesia Italia, pameran yang menampilkan 270 barang yang menggambarkan lima abad masa depan kejayaan pengrajin India.


Perhiasan yang dicuri ini adalah milik Raja Mughal dan Maharaja india yang kini sudah dimiliki oleh Syekh Muhammad bin Abdullah Al thani bekas Emir Qatar yang mangkat 2013 lalu perhiasan tersebut sekarang termasuk dalam aset keluarga penguasa Qatar.


4. Mahkota Kerajaan Swedia


Sebagai sebuah kerajaan atau lebih tepatnya Monarki, Swedia ini tentulah punya mahkota yang dipakai sang raja salah satu yang pernah memerintah Swedia itu adalah raja Charles ke-9 yang berkuasa pada abad ke-17.Mahkota Raja Charles 9 ini disimpan di Katedral tempat dia dan istrinya Christina dimakamkan yang terletak sekitar 58 KM di sebelah barat Stockholm.



Namun pada Januari 2013 lalu mahkota sang raja berikut bola simbol kekuasaan serta mahkota milik istrinya Christina hilang dibawa kabur pencuri Aksi nekat ini terjadi siang hari yang dilakukan oleh dua pencuri yang membobol katerdal Katedral Notre-Dame Stranger tempat benda berharga itu selama ini

5. Rantang Emas Nizam



Beberapa waktu lalu masyarakat India ini sempat digegerkan dengan pencurian di istana raja milik Mir Osman Ali Khan, raja ini merupakan raja terakhir kerajaan yang pernah dinobatkan sebagai salah satu pria terkaya di dunia.


Hyderabad adalah kerajaan yang paling besar di India saat itu, dia meninggal pada tahun 1967 ternyata pencuri ini mengambil rantang makanan, ternyata rantang ini  terbuat dari emas dan bertahta berlian selain itu ada gelas cangkir yang juga dibalut dengan emas kedua pencuri itu masuk menggunakan tali dan merusak ventilasi kayu mematikan kamera CCTV ,pencuri ini melepas sekrup kaca dan mengambil barang berharga itu .

6.Amber Room


Kalau ini adalah harta karun paling terkenal di dunia, Amber Room adalah ruangan dulunya yang diperuntukkan kepada Catrina satu istri Kaisar Rusia  Agung di Saint Petersburg, di seluruh dinding ruangan ini berupa emas dan batu Amber yang mencapai berat 6 ton.


Konon ini termasuk dalam golongan harta yang terkutuk ruangan ini adalah hadiah dari kerajaan prusia yang kini menjadi Jerman untuk Rusia pada tahun 1941. Nazi menyerbu Rusia dan menjarah harta benda termasuk Amber Room ini, keberadaannya kini masih menjadi misterius sebagian orang pun percaya ruangan tersebut masih tersembunyi di suatu tempat rahasia tapi kini sudah ada replikanya yang dibuat oleh pemerintah Rusia.

7. Bintang Sisi


Perhiasan ini adalah salah satu yang terlangka di dunia, bintang Sisi atau Sisi star perhiasan ini dibuat oleh seorang pengrajin perhiasan kerajaan pada abad ke-19 atas permintaan Elizabeth dari Bavaria permaisuri Perancis  dari Wina Austria.


Elizabeth yang juga dikenal dengan nama Sisi menginginkan perhiasan model bintang dengan 10 sudut yang bertahtakan 27 berlian pada masing-masing sudut dan satu set mutiara di tengahnya.


Bintang Sisi ini dicuri oleh seorang warga berkebangsaan kanada pada tahun 1998 ia masuk ke istana menyamar sebagai turis kemudian menonaktifkan alarm dan mengganti permata dengan permata palsu yang dibeli di toko souvenir, namun pada tahun 2007 perhiasan ini ditemukan di Winnipeg Canada.


Artikel Lainnya