-->

logo

MENU

7 Tradisi Imlek yang Unik di Berbagai Negara, Melepaskan Lampion di Indonesia

7 Tradisi Imlek yang Unik di Berbagai Negara, Melepaskan Lampion di Indonesia

Tahun baru Imlek senantiasa ditunggu- tunggu untuk orang Tionghoa di segala penjuru dunia. Termasuk bermacam perayaan ataupun tradisi unik yang sering dilakukan.

Tahun ini, Imlek jatuh pada bertepatan pada 1 Februari 2022 ini. Sederet perayaan juga telah mulai terdengar dari bermacam penjuru dunia. Mulai dari gelaran festival serba budaya Cina sampai melepaskan lampion selaku simbol penerangan orang Cina.

Mengutip CNN Indonesia, berikut ini 7 tradisi Imlek unik di bermacam negara.

1. Membeli Nanas- Malaysia

Di Malaysia, terdapat Kerutinan dari Festival Masa Semi yang mirip dengan Cina. Salah satunya merupakan membeli buah nanas. Untuk orang Malaysia, buah nanas dipandang selaku buah keberuntungan di Tahun Baru Imlek.

2. Konser Bergaya China- Australia

Kota- kota besar di segala Australia bakal terjun buat memperingati festival besar Cina ini. Aktivitas tahun baru Imlek tersebut antara lain pertunjukan kembang api yang indah di Sydney Harbour, Parade Festival Masa Semi dengan ribuan orang, konser style Cina di Sydney Opera House, dan Karnaval Tahun Baru Melbourne serta lomba perahu naga.

3. Pintu Depan Rumah Dicat Merah- China

Warna merah sangat identik dengan perayaan tahun baru Imlek. Warga Cina yakin kalau dengan mewarnai pintu rumah depan dengan warna merah bakal mendatangkan keberuntungan serta kebahagiaan.

Tidak hanya mewarnai pintu, penduduk juga sering meletakkan guntingan pita merah di jendela serta pintu selaku ciri keberuntungan buat tahun yang bakal tiba.

4. Berikan Hadiah 2 Buah Jeruk- Singapura

Mengutip halaman Cina Travel, di Singapore, orang mendatangi sahabat dengan hadiah Tahun Baru berbentuk 2 jeruk dalam kantong kertas halus.

Seorang tamu membagikan 2 jeruk kepada tuan rumah dikala memasuki rumah, buat mengatakan berkah ganda keberuntungan serta keberuntungan besar. Tentang ini sebab terdapat keyakinan terhadap sentimen kalau hal baik datang berpasangan.

5. Membuat Kue Chung- Vietnam

Berikutnya di Vietnam, perayaan Imlek umumnya dilakukan dengan membuat kue tradisional bernama kue Chung. Anggota keluarga bakal berkumpul dalam satu meja bersama- sama membuat kue Chung yang dibuat dari ketan, kacang hijau serta daging babi.

6. Bermain Game Tradisional- Korea Selatan

Tahun baru Imlek di Korea Selatan kerap dirayakan dengan berhura- hura. Metode merayakannya juga unik serta berbeda. Keluarga serta sahabat bakal berkumpul di malam tahun baru Imlek buat bermain game tradisional bernama Yut Nori.

Tidak hanya itu, masyarakat Korea Selatan pula komsumsi Mochi dalam perayaan Imlek. Mochi dalam Imlek ini mempunyai arti sahabat serta keluarga yang bakal senantiasa berkumpul bersama di tahun yang baru.

7. Melepaskan Lampion- Indonesia

Tidak kalah unik serta seru dari negara lain, sebagian daerah di Indonesia mempunyai Kerutinan membuat hiasan lampion buat di rumah ataupun di kelenteng. Tidak hanya itu, terdapat pula festival melepaskan banyak lampion dikala perayaan malam tahun baru Imlek.

Buat tahun 2022 sendiri, sebagian daerah di Indonesia yang bakal memperingati Imlek dengan festival lampion, antara lain Surabaya, Solo, Bogor, Semarang, Singkawang, Tangerang, sampai Jakarta.

Artikel Lainnya