logo

MENU

Ciri 8 Daya Tahan Tubuh Lemah dan Mudah Diserang Virus Corona

Ciri 8 Daya Tahan Tubuh Lemah dan Mudah Diserang Virus Corona


Daya tahan tubuh sangat penting untuk menangkal berbagai virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.Saat daya tahan tubuh sedang lemah, risiko untuk terinfeksi berbagai penyakit pun menjadi semakin besar seperti halnya virus COVID-19.Virus corona diketahui dapat menyerang siapa saja lewat cairan atau lendir dari hidung atau mulut seseorang yang terinfeksi corona.



Sebagian besar kasus terpapar virus corona tau COVID-19 baru hanya mengalami gejala ringan, hanya sekitar 20 persen pasien yang levelnya menjadi parah atau menjadi sakit kritis. Gejala awal atau ciri-ciri virus corona menjangkiti seseorang biasanya dimulai dengan demam.

Berikut ini adalah tanda bahwa daya tahan tubuh kamu lemah. Jika kamu merasakan salah satunya, jangan diabaikan dan harus segera meningkatkannya.

1. Mudah masuk angin


Penyakit yang katanya hanya dikenal di Indonesia ini punya banyak gejala, dari badan yang pegal-pegal sampai perut begah. Saat kamu mulai merasakan gejala masuk angin, itu artinya daya tahan tubuh kamu sedang tidak terlalu baik.

2. Selalu Merasa Lelah


Selalu merasa lelah menjadi salah satu tanda bahwa daya tahan tubuh lemah lho. Kondisi ini biasanya diiringi oleh sakit perut, nyeri sendi dan penurunan nafsu makan.

3. Stres dalam waktu yang lama


Tidak heran jika setelah musim ujian atau didera proyek kerja yang padat, kamu jadi mudah sakit. Stres berkepanjangan bisa menurunkan produksi limfosit. Jika produksi limfosit berkurang, daya tahan tubuh pun melemah.

4. Alergi


Alergi juga menjadi salah satu tanda bahwa daya tahan tubuh lemah. Namun, setiap orang memiliki tingkat reaksi alergi masing-masing.

Jika kamu merasakan gejala tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.


5. Masalah pencernaan


Salah satu tanda daya tahan tubuh yang buruk saat kamu terkena masalah pencernaan. Jika kamu mulai merasa mudah mengalami gangguan produksi asam lambung, diare, atau justru konstipasi, kamu mungkin harus segera memperbaiki pola hidupmu. Daya tahan tubuhmu sedang tidak terlalu kuat.

6. Demam Ringan


Saat suhu tubuh kamu sedikit lebih tinggi dari biasanya, bisa jadi ini juga merupakan tanda bahwa daya tahan tubuh lemah. Demam bisa terjadi karena adanya infeksi di dalam tubuhmu.

7. Luka yang tak kunjung sembuh


Saat daya tahan tubuh sedang lemah, luka mudah terkena infeksi. Jika terjadi infeksi, tubuh pun lebih fokus untuk melawan infeksi daripada menyembuhkan luka. Padahal, jika daya tahan tubuh sedang baik, luka bisa cepat sembuh tanpa infeksi, lho.

8. Pilek


Meski tampaknya hanya gejala pilek ringan, kamu bisa menebak bahwa daya tahan tubuh kamu sedang lemah. Maka dari itu, saat terserang pilek, istirahat yang cukup dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi.



Artikel Lainnya