logo

MENU

10 Kapal Kayu Raksasa Spektakuler dan Terkenal di Dunia

10 Kapal Kayu Raksasa Spektakuler dan Terkenal di Dunia



Pada saat ini Pembuatan Kapal telah berkembang dengan teknologi modern, namun saat belum berkembang seperti sekarang ini. ternyata telah ada berbagai kapal kayu yang juga tidak kalah tangguhnya  saat melakukan pelayaran,berikut adalah 10 Kapal Kayu Raksasa Spektakuler dan Terkenal di Dunia.


1. L’hermione



L’hermione sekarang merupakan replika dari kapal perang Francis dalam mendukung Revolusi Amerika Serikat melawan Inggris yang di bangun pada tahun 1780.


Selama 18 tahun proses pembuatannya sejak tahun 1997 kapal Ini Membutuhkan lebih dari 2000 batang kayu pohon oak, kapal ini memiliki panjang 44,2 m lebar 11 m serta tiga tiang layar berukuran 65 m. 


Pada tahun 2015 kapal tersebut telah melakukan pelayaran perdananya ke Amerika Serikat dalam rangka memperingati pelayaran L’hermione sebelumnya.

2. Old Ironsides


Old Ironsides adalah kapal perang tertua yang dimiliki Angkatan Bersenjata Amerika Serikat ,secara keseluruhan kapal ini memiliki panjang 76 m. Kapal yang diluncurkan pada tanggal 21 Oktober 1797 ini memiliki konstruksi lambung kapal yang sangat kokoh yang terbuat dari kayu oak putih.


Pada tahun 1812 adalah masa keemasan dari kapal ini, karena  berhasil mengalahkan 4 Kapal Inggris dalam tiga pertempuran,selama bertugas lebih dari 200 tahun lamanya .sekarang kapal kayu Old Ironsides yang telah diperbaharui dan menjadi simbol perjuangan Amerika Serikat.

3. Bounty


Kapal ini sangat terkenal pada tahun 1789 saking terkenalnya  pada tahun 1660 sebuah replika kapal pesiar klasik telah dibuat menyerupai bentuk aslinya bahkan kisahnya telah dibuat menjadi film berjudul Mutiny On The Bounty di tahun 1962.


Akan tetapi replika kapal berukuran panjang 28 m dan dilengkapi berbagai macam persenjataan ini  kembali tenggelam akibat terkena badai pada tahun 2012 Carolina Utara.

4. Tenacious


Kapal ini merupakan kapal kayu terbesar yang sampai hari ini masih melakukan pelayaran. Tenacious ini memiliki 3 buah tiang layar utama, panjangnya 65 m, lebar 10,5 m dan berat 560 ton.


Kapal ini dibangun pada tahun 1579 oleh 1500 orang yang setengahnya adalah penyandang  Disabilitas, proses pembuatannya menggunakan kayu Siberia dan kayu Jati kapal  ini juga memiliki fasilitas Lift buat penyandang disabilitas saat cuaca buruk.


Karena awalnya kapal ini dibangun dengan tujuan amal, agar penyandang cacat bisa merasakan petualangan menggunakan kapal di laut lepas.

5. Galleon Spanyol


Galleon Spanyol  saat ini adalah replika dari kapal dagang sebelumnya yang dibangun pada abad ke-17. Kapal ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat mewah layaknya hotel bintang Lima.


Bahkan sampai ruang kerja dan tempat tidur mewah juga ada disana, kapal dengan panjang 50 m dan berat 589 Ton Ini juga dilengkapi beberapa Meriam seperti pendahulunya.


Selain itu kapal yang sebagian besar pembuatannya menggunakan kayu Iroko,pinus dan beech ini telah melintasi berbagai Samudra tepatnya setelah berlayar pada  tahun 2011.


6. HMS Victory


Kapal Inggris ini diberi nama HMS Victory kapal yang diluncurkan pada tahun 1765 ini terkenal ketangguhannya dalam pertempuran Trafalgar pada tahun 1805. kapal ini memiliki panjang 69 m lebar 15,82 m dengan bobot 3.356 ton.


Kapal ini memiliki tiga tiang utama yang berukuran sekitar 64 m, saat dibangun konstruksi kapal ini menggunakan kayu Oak yang terkenal sangat kuat itu. 


Kapal ini juga dilengkapi ratusan Meriam dengan berbagai fasilitas untuk para awak kapal di bagian kabinnya hingga sekarang kapal ini beralih fungsi menjadi museum setelah sebelumnya telah direnovasi.


7. Gotheborg


Kapal ini juga Replika dari kapal dagang sebelumnya milik Swedia yang karam pada tanggal 12 September 1745. pada tahun 1995 pembuatan replika kapal ini dibuat sangat mirip dengan aslinya yang memiliki panjang 58,5 M dengan menggunakan kayu Oak sebagai bahan utamanya.


Kemudian pada tanggal 6 Juni 2003 proses pembuatan kembali kapal bersejarah ini telah rampung  dan berlayar pada tahun 2005. 


Kapal Gotheborg ini pernah juga mampir di Indonesia tepatnya pada tanggal 18 Juni 2006 di Pelabuhan Tanjung Priuk dalam rangka memperingati 260 tahun kapal tersebut.

8. El Vasa


El Vasa merupakan kapal perang paling Spektakuler yang  dimiliki oleh angkatan laut Swedia, akan tetapi pada tahun 1682  kapal ini  tenggelam dihantam badai di dalam pelayaran pertamanya.


Kemudian pada tahun 1961 bangkai kapal tersebut mulai diangkat setelah 333 tahun tenggelam dengan kondisi 95% masih utuh karena terawetkan oleh kondisi air yang dingin ,hingga sekarang kapal  yang memiliki ukuran panjang 61 meter dan tinggi 52,5 meter ini disertai ukiran yang bercerita tentang kerajaan Swedia menjadi museum yang banyak dikunjungi di Skandinavia.

9. Batavia


Di luncurkan pada tahun 1628 Kapal Batavia adalah armada kebanggan milik V.O.C pada waktu itu. tetapi  pada tahun 1629 kapal ini  karam dalam pelayaran pertamanya.


Baru  pada tahun 1963 bangkai kapal Batavia ini ditemukan.kemudian disimpan di Museum Maritim Australia Barat. Pada tahun 1995 replika kapal  ini telah selesai dibangun dan dipajang di Belanda.


Replika kapal  ini disesuaikan dengan bentuk aslinya serta menggunakan kayu oak putih dan bahan lawas lainnya begitupun dengan ukuran panjangnya mencapai 58 m dan tinggi 55 m.

10.Eandeavour



Kapal ini juga Replika dari kapal sebelumnya yang  tenggelam di medan pertempuran, baru  pada tahun 1778 kapal ini ditemukan di perairan. Replika kapal  ini dibuat semirip mungkin dengan aslinya.


Kapal berukuran panjang 30 m dengan berat 366 Ton, kapal Ini juga dipersenjatai beberapa Meriam serta  terdapat beberapa ukiran di bagian kapal.


Bahkan sejak tahun 1994 replika kapal ini telah melakukan pelayaran perdananya ke berbagai wilayah dan rencananya di tahun 2020 replika kapal tersebut akan berlayar di Australia untuk memperingati 250 tahun pelayaran perdana kapal yang pernah dikomandoi oleh James Cook ini.

Artikel Lainnya